GAHARU HYBRID (Aquilaria mallcrassna)







Telah hadir hybrid gaharu yang disebut Aquilaria malcrassna. Hybrid gaharu ini dihasilkan dari perkawinan antara Aquilaria malaccensis (induk betina) x A. crassna (Jantan). Penetapan hybrid didasarkan ukuran biji yang berbeda dari ke dua induknya. Semoga kehadiran hybrid ini akan menambah kekayaan aroma wangi dupa gaharu di masa datang. Salam gaharu.

Komentar

Unknown mengatakan…
kehadiran A malacrasna menambah kekayaan gaharu indonesia, gimana dengan kwalitas dan sifat tumbuhnya pa' apa keunggulannya dari indukannya ?
jonner Situmorang M.Si. mengatakan…
Karakter gaharu hybrid A. mallcrassna sangat jelas terlihat pada ukuran "buah dan biji" yang berada di tengah-tengah ke 2 induknya (A. malaccensis x A. crassna). Ukuran daun juga begitu.

Pertumbuhan bibit juga median antara ke 2 induknya (Nanti saya publish, maaf belum di Foto). Jumlah bibit hybrid ini cuma 700 bibit, yang saat ini berumur 8 bulan dan memiliki tinggi sekitar 40 cm. (lebih cepat dari induknya A. malaccensis).

Aromanya, diduga sudah pasti merupakan hasil perpaduan antara 2 induknya yang aromya sangat fenomenal di dunia.

Hybrid ini baru 20 phn diuji tanam di Bogor, pertumbuhannya sangat pesat mirip induknya A. crassna. Bagi yang yg memiliki koleksi pohon gaharu dan menjadi suplier bibit hybrid di kemudian hari, bibit hybrid ini di jual dgn harga Rp.50.000/bibit. Maklum biaya perkawinannya cukup tinggi.
Taufik ashari mengatakan…
apakah memang gaharu hybrid ini tidak perlu lagi suntikan..??
jonner Situmorang M.Si. mengatakan…
Pak Taufik Yth.

Pohon gaharu Hybrid tetap masih memerlukan suntikan inokulum penginduksi gaharu, untuk menghasilkan gaharu lebih cepat. Karena gaharu terbentuk akibat interaksi antara pohon gaharu hybrid (inang) dengan inokulum (patogen) yang didukung kondisi lingkungan tertentu.

Kalau tanpa disuntik bisa juga terjadi gaharu, tetapi biasanya hanya sekitar 10% dari populasi pohon. Artinya hanya pohon yang sensitif/rentan terhadap patogen. Produknya dikenal dengan sebutan gaharu hybrid alamiah.

Trimakasih.
Anonim mengatakan…
nomet telpon,nya pak kirim sms ke saya
dan order minim berapa 087830002268

Postingan populer dari blog ini

TAPANULI UTARA PROSPEK MENJADI SENTRA PRODUKSI DAN INDUSTRI GAHARU

PRODUKSI GAHARU MELALUI TEKNIK BIO-INOKULASI